Thought

Panggil Dengan Nama

Memasuki dunia sekolah anak, otomatis nama orang tua, khususnya ibu, berubah. Loh kok? Iya emang. Kita-kita bukan lagi dipanggil dengan nama asli tapi dipanggil dengan “mamanya A, bundanya B, maminya C, ibunya D.”
Pastinya, gw ga suka dengan panggilan itu. Bukan ga mengakui kalau udah emak-emak, tapi aneh aja. Punya nama sendiri, tapi dipanggil dengan nya—nama anak.
Terus, misalnya gw berteman dengan 1 orang ibu yang punya 3 anak dan tiga-tiganya itu temennya Raisa, repot banget kalau harus manggil ibunya A/B/C.

Raisa, dari bayi udah gw ajarin nama-nama orang yang ada di dekat dia. Dia udah tau nama orang tuanya, aki neneknya, eyang utinya. Bahkan tau nama temen-temen gw yang sering ketemu sama Raisa. Raisa juga tau siapa nama dokter gigi nya (efek sering ke dokter gigi), tau nama tukang sayur langganan, tau nama satpam, nama guru-gurunya, dan tau nama ibu dari teman-temannya. Terpenting adalah mengajarkan si anak bahwa setiap orang PUNYA NAMA sebagai identitas dirinya.

Misal lo dipanggil dengan kata “tante/aunty” dengan nama sendiri, seneng ga? Gw sih seneng banget tapi sayangnyaaaaaa ga ada yang manggil gw dengan tante Risa di teman-temannya Raisa, hikss…
Para emak-emak mereka manggil gw aja dengan “mamanya Raisa, bundanya Raisa”. Padahal gw udah berusaha ngehapal nama-nama mereka dan memanggil dengan nama. Paling sebel lagi kalau orang tua temannya Raisa manggil gw dengan panggilan “mah”. Ih situ siapa gw?

Toh nama gw ada di kontak bbm mereka dan lagi gw ga pake nama alay di tiap akun socmed, selalu pake nama asli. Ga pernah pake nama “Risanya Rizki” atau “Risa itu Nisa”, atau bahkan “akyu syayang Rizki Raisa”
Jadi, gampang kan kalau panggil pake nama.

Di keluarga besar gw, para ponakan manggil dengan nama Bunda Risa. Bukan bundanya Raisa. Soalnya kan anak gw ( In syaa Allah) ga cuma Raisa doang, itu panggilan yang bener. Pake nama ASLI.

So, jangan panggil lagi dengan nya–nama anak atau yg paling parah manggil “mah”. Karena aku bukan mamah dedeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *