Thought

Mumtaza Islamic School

Maju mundur maju mundur terus tiap mau ngeblog ga ada waktu karena ngurusin orderan kebab. Kebab? Nah nanti bakal ada ceritanya (aahh kebanyakan janji lo, Ris. Utang blog kemarin-kemarin aja belom selesai | iya sih 😭)

Sekarang mau bahas tentang Mumtaza Islamic School (MIS) aja deh. Biasanya bulan-bulan ke depan bakal lumayan banyak yang nge DM dan nanya tentang MIS karena ngeliat blog sayah 3 tahun yang lalu, padahal waktu itu nulis cuma sekilas aja. Sekarang yang lengkap deh ya. Semoga ini membantu buibu yang lagi nyari referensi buat daftar sekolah dan semoga para pejabat MIS ngasih diskon SPP anak-anak saya selama setahun ke depan karena udah dibantuin promosi (ngarep)

Mumtaza Islamic School (MIS) itu ada di 2 lokasi, dua-duanya di daerah Tangerang Selatan, 1 gedung untuk playgroup & kindergarden dan 1 gedung lagi untuk primary & junior high school. Untuk alamatnya silahkan cek ke website sekolahnya ajahh.

image

Tahun lalu si kakak mulai masuk SD. Jadwal libur dan masuk di MIS itu menurut eik sebagai mamak-mamak cukup ngeselin. Why? Liburnya kelamaan! Sekolah lain, baik yang negeri atau swasta udah pada masuk, di MIS masih liburnya semingguan. Sampai suami ngeledek “bayar mahal-mahal tapi libur mulu” eeeiimm, ZBL. Pusing kan anak libur kelamaan, rumah ga pernah rapi, kepala udah bertanduk mulu, apalagi klo anak-anak lagi doyan berantem (stop Risa jgn curhat | oke, bhaiq)

Dibuat QnA aja deh. Kalau dijabarin, jadi suka curcol.

Jam masuk dan pulangnya jam berapa?
Jam masuk 7.15 selama 15 menit mereka tasmi’ (ngulang hapalan surah-surah)
Jam sekolah efektif 7.30-14.00 untuk kelas 1 dan 2 SD. Tiap 2 tingkat jam pulangnya beda setengah jam. Kalau ada ekskul atau club, pulang agak sorean.

Sesi jemput anak. Akan dipanggil nama anak jika yang menjemput sudah datang
Sesi jemput anak. Akan dipanggil nama anak jika yang menjemput sudah datang

Kurikulumnya pakai apa?
Kurikulum nasional dan cambridge

Bahasa pengantar yang dipakai?
Bilingual untuk kelas 1 dan 2. Full english mulai kelas 3 (correction if I’m wrong ya pak/bu MIS)

Ada PR atau ulangan ga?
Ga ada PR kecuali para ortu yang minta ke guru kelas. Itupun ga tiap hari. Ulangan? Ga ada. Langsung ke ujian mid dan ujian akhir semester

Untuk ujian akhir nasional gimana?
Kalau pakai kurikulum nasional, UN nya sama seperti sekolah lain. Tapi karena disini juga pakai cambridge kurikulum, “ujian nasional” nya tiap 2 tahun sekali di saat kelas genap.

Untuk hapalan qur’an, target berapa juz?
Dari kelas 1-6 target tahfidz 5 juz (hamdalah lah yaaa….para ortunya belum tentu juz 30 hapal semua)

Anak-anak kebebanan ga dengan adanya 3 paket kurikulum itu? (kurnas, cambridge, tahfidz+islamic studies)
Mereka happy tanpa beban karena suasana sekolah sangat mendukung dengan guru-guru yang helpful dan berkualitas.
Hampir 90% anak-anak yang sekolah disini, di rumahnya ga pernah belajar lagi. Kasian bok, pulang udah sore masa’ disuruh belajar trs ya kaan? Karena di sekolah mereka udah dapat semua. Kecuali pas ujian mid dan UAS aja mereka harus belajar.

Untuk guru-gurunya apa dipisah per subject?
Iya banget. Gurunya banyak. Pusing eik ngapalinnya.
Ada guru kurnas, cambridge, musik, islamic, tahfidz, olahraga, renang, dll.

Untuk ekstrakulikuler apa aja?
Macam-macam ada archery, futsal, tari tradisional, tari saman, takwondo, renang, melukis, robotic, dll.
Nah disini juga ada club. Beda club dan ekskul selain dari masalah gretongnya (club is free) club itu dipersiapkan untuk lomba, kompetisi, olimpiade, dan lainnya. Club itu dipilih dari tiap kelas berdasarkan seleksi kemampuan anak.

Kalau pas masuk kelas 1, anak belum bisa baca gimana?
Di semester 1, anak yang belum bisa baca akan diberikan tambahan les dari guru kelasnya tiap pulang sekolah (free). Kalau ujian pun akan dipisah di kelas lain bagi anak-anak yang belum bisa baca. Nanti akan ada guru pembimbing yang mengurusi

Fasilitas sekolah apa aja?
Standar lah ya kayak mobil jemputan, catering (bagi yang mau), library, AC, loker tiap siswa, kolam renang, dll. Jadi kalau ada renang, ga repot-repot pergi ke swimming pool lain, di hari lain pula. Abis materi olahraga jadwal renang, anak bisa lanjut belajar. Efektif waktunya.

Ini waktu anak-anak playgroup renang
Ini waktu anak-anak playgroup renang

Ada acara-acara ga di sekolah?
Ya ada doongg… Kita kan kudu having fun hahha… Ada yang namanya happy week, mumtaza islamic festival, small fieldtrip, big fieldtrip, dan sebagainya.

Udah e-learning belom?
Untuk SMP mulai tahun ini, denger-denger begitu. Jadi sudah tidak pakai buku lagi tapi diganti laptop. Detailnya gimana? Kurang tau soalnya anak saya masih SD.

Untuk biaya bagaimana?
Bisa dibilang termurah dibanding sekolah lain yang sama-sama pakai kurikulum cambridge (para pejabat, tolong jangan dinaikin karena saya bilang begini loh ya. Janjiii? Janji, yes!)

Ada jaminan ga anak-anak bakal pinter?
Yaahh dikira barang elektronik ada garansi jaminan segala. Anak-anak itu kan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau di sekolah udah dibekali sedemikian rupa tapi di luar sekolah tidak bersinergi, hasilnya sia-sia. Balik lagi ke tugas orang tua juga yang harus ikut mendidik anak, bukan sepenuhnya menyerahkan kepada sekolah.
Dan juga, nilai bukan segalanya walau sampai sekarang ini memang di Indonesia, nilai tetap masih dijadikan patokan kemampuan anak.

Apa alasan mba milih menyekolahkan anaknya di MIS? (Sering banget dapat pertanyaan kayak gini)
1. Dekeeettt dari rumah pas TK nya. SD lanjut di MIS karena ga mau pusing-pusing mikir dan survey sekolah ini itu karena semua udah ada di MIS (jgn GR ya Mumtaza)
2. Hapalan Qur’annya Masya Allaahh,,, bikin mau nangis deh anak hapal surah-surah yang ayatnya panjang minta ampun
3. Ga ada PR, ga ada ulangan, ga bawa buku-buku ke sekolah, jadi ga nambah beban hidupnya setelah pulang sekolah (bwahahahahha)
4. Biaya masih terjangkau.
5. AGAMANYA. Wajib banget milih sekolah yang landasannya islami. Hari gini kan yaa jamannya ngeri, pergaulannya ngeri klo ga di back up sama agama. Disini bukan cuma sekedar sekolah islami, tapi juga bertujuan mencetak generasi tahfidz Qur’an.
6. Kurikum Internasionalnya. Biar terbiasa dengan bahasa inggris cas cis cus. Mayan lah 2 tahun pertama udah tau dasar-dasarnya per english-an, ga usah kursus EF dulu. Ngirit 😂
7. All in one. Udah dijelasin di atas

Kayaknya bagus-bagus banget ya penjabaran tentang MIS. Emang ga ada jeleknya?
Ya ada laahh….mana ada yang sempurna kecuali Allah SWT (mamah dedeh bertitah). Untuk kekurangannya yaaa rasain aja sendiri kalau udah di MIS (hwakakakakak) karena tiap orang itu keluhannya berbeda, penilaiannya berbeda, ngomelnya juga beda.

Apa infonya masih ada yang kurang? For more info, feel free to contact me 🙂
Monmaap ga banyak foto, hape akikah 2 minggu kehapus semua gallery nyaaaa 😭

Nah, udah kan ya infonya. Kurang baek apa saya coba? diskon SPP dong pak direktur 😝

2 thoughts on “Mumtaza Islamic School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *