Family

Tentang MPASI

Aaaaaahhhh telat bangeeettt postingnyaaa….
Gara-gara blog error, ga bisa posting-posting padahal udah lama tulisan ini nangkring di draft. Okelah lah ya, posting marathon aja sekarang.

Welcome kerempongan!! :)))

Mpasi itu waktunya rempong. Kalau ibu-ibu penganut mpasi homemade, pasti tau deh gimana riweuhnya nyiapin mpasi. Mulai dari nyusun menu-menunya, “peralatan perang” nya, belanja buat menu nya, waktu bikin/mengolah menu nya yang membutuhkan sedikit waktu lebih lama dibanding mpasi instan. Yang paling bikin rempong sih sebenernya kalau si anak ga doyan, hahaha…

Well, dari jamannya Raisa, gw penganut mpasi homemade. Bukan sok-sokan kekinian atau sok sehat. Cuma gw pikir, bikin mpasi itu kan gampang, keciiilll lah (sombong) terlebih gw di rumah dan bukan working mom. Udah gitu Raisa ternyata ga doyan mpasi instan. Ternyata juga mpasi instan itu kalau dihitung-hitung lebih mahal daripada bikin sendiri (ilmu keuangan emak-emaknya keluar). Nah, jadi banyak kan alasan buat bikin mpasi sendiri.
Misal ada yang nanya, “repot doongg misal pergi-pergi apalagi ke luar kota kalau tetep homemade?”
Siapa bilang ga repot? Repot laahh… Dulu, kalau misal ngotel ke luar kota, kulkas di hotel isinya bahan mpasi. Peralatan perang mpasi dibawa lengkap. Tapi enjoy-enjoy aja sih :p

Waktu Raisa mpasi, awal gw kasih serba buah. Sempat beberapa kali gw kasih yang instan dan ternyata Raisa ga suka/ga cocok (muntah terus). Awal makan sampai bulan ke 8 dia doyan banget. Selalu mangap tapiiii menunya aneh. Raisa sukanya yang manis-manis. Mungkin karena awal dia udah kenal rasa manis dari buah.
Bayangin aja ya, gw bikin bubur tim plus lauk pauk dan sayur nya tapi harus disempilin buah biar ada rasa manisnya. Menu Raisa pun monoton karena si anak sukanya itu-itu aja dan kebawa sampai sekarang. Di atas 8 bulan, dia ngemuuutt sampai sekarang juga. Hah! Emosik lah…

Nah, untuk mpasi Raima gw bikin berbeda dari kakaknya. DSA nya Raima nge email panduan menu mpasi. Seminggu pertama disaranin serelia (tepung beras). Minggu kedua serelia dicampur umbi-umbian dan sayur. Minggu ketiga sayur dan buah. Bisa juga mulai dikenalkan dengan protein. Umur 7 bulan baru bubur tim beserta sayur dan lauk pauknya dan cemilan buah.

Gw coba pertama mpasi Raima dengan serelia. Tepung gasol lah pasti pakainya. Bikin sendiri tepung berasnya ya males :p
Pakai aturan 3 hari dengan menu yang sama. Boro-boro ya 3 hari. Sehari aja anaknya udah ga mau, hahaha…. Raima sama seperti kakaknya, ga suka tepung beras. Okelah, kita skip serelia nya.
Ganti ke puree sayur dan asip. Minggu ke 2 puree buah dan asip.

Bagaimana mpasi Raima selama 2 minggu? MINGKEM!!! Stres? Dikiiitt… Bomat. Palingan kalau geregetan gw bbm sahabat gw Mita karena kasusnya sama, hahaha… Feeling gw, ini anak kebalikan sama kakaknya. Mingkem di awal, mangap selanjutnya. Dan bener, di minggu ketiga dia mangap. Ngeliatnya takjub euyy.. Di minggu ketiga udah campur-campur menunya. Sempet mikir, Raima mau makan apa karena the power of kaldu ayam? Ternyata engga juga. Pas gw kasih mpasinya puree lagi, dia tetep mau.

Untuk peralatan mpasi, jaman Raisa gw cuma pakai Takahi slow cooker dari 6 bulan sampe setahun. Itu aja. Makanya ga bisa kreatif bikin ini itu alias males, kudu nyaring pake saringan, fegeeelll….
Kalau Raima, gw pakai food maker by baby safe. Yang bisa kukus sekalian blend. Suami nawarin food maker by Beaba, ealaaahh gaya amat. Fungsinya sama tapi harganya 5x lipat dari baby safe :)))
Takahi tetep gw pake kalau bikin bubur tim. Karena kalau nasi di blender, rasanya gimanaaa gitu.

Untuk peralatan makan, ga macem-macem lah gw. Pakai peralatan makan hadiah lahiran. Hemat. Fungsional. Ga perlu piring atau sendok warna warni yang buat gegayaan difoto buat majang menu mpasi :p
Oya, pas Raima juga gw baru beli high chair. Berharap nanti Raima makannya rapi di meja makan untuk seterusnya. Jamannya Raisa cukup duduk di bouncher. Hasilnya sekarang? Raisa makan ga pernah tertib

Oya, catatan tentang mpasi adalah ternyata ga bisa saklek ngikutin aturan-aturan yang tercantum dalam Guiness book of record eh salah, panduan mpasi maksudnya (garing deh becandanya). Semua tergantung dari anak. Kalau anak suka dengan menu yang kita buat berdasarkan panduan mpasi ya alhamdulillah. Tapi kalau engga, ya bablas aja apa yang anak mau ASALKAN menu disesuaikan dengan umur si anak.
Ada beberapa makanan (terutama protein) yang belum cocok diberi di umur 6 bulan atau mpasi awal. Detailnya, browsing aja ya 😉

Okayy,,, Raima mau masuk bulan ke 7 nih. Semoga makannya lahap dan lancar, sehat terus. Makan apa aja doyan, aammiiinn…

Menu mpasi puree
Menu mpasi puree
Menu mpasi bubur
Menu mpasi bubur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *