Family

6 Bulan Raima

Cepetnya waktu berlalu. Si anak bayi udah 6 bulan aja. Cerita dulu lah yaa dari Raima umur 4 bulan.

Raima 4 bulan

image

This is Raima’s first flight. Sekalinya keluar dari jadebotabek langsung cuuss ke Bali. Kalau dulu kakaknya pertama kali naik pesawat umur 6 bulan, adeknya lebih canggih umur 4 bulan udah naik pesawat 😀
Pas berangkat dia agak rewel, perlu adaptasi. Pas pulang tenaaangg banget. Yaiya, sepanjang penerbangan Bali-Jakarta si bayi molor, hahaha…
Naahh yang sama seperti kakaknya adalah pertama kali bisa tengkurap itu di hotel!! Anak-anak ini emang mewah banget deh yaa,, Zzzz…

Raima 5 bulan

image

Perjuangan ternyata ada di bulan ke 5. Why? Raima mogok nenen, hikkssss…. Ancur hatikuuu…ini karena dia ketularan batpil dari Raisa. Raisa bawa virus dari sekolah ketularan temennya. Namanya 1 rumah, susah ngejauhin si adek kakak. Hari ketiga Raima panas. Langsung gw bawa ke RS. Sama dokternya cuma dikasih balsem buat pelega tenggorokan dan spray buat hidung. Stres banget ngadepinnya karena Raima ga mau nyusu. Pakai dot, cupfeeder, sendok ga mau. Yang lumayan mau pakai pipet. Tapi kan capek banget ngasihnya, nyuapin per 1ml kalau pakai pipet. Selama 3 malam gw hampir ga tidur karena ngeusahain Raima biar mau nyusu. Istilah kata, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala.

Jadi trauma karena pas Raisa 5 bulan dulu, dia juga ga mau nyusu. Padahal ga sakit ga apa. Males aja nyusunya. Mau nyusu cuma pas mau tidur doang dan akhirnya begitu terus sama 2 tahun. Gw takut Raima kayak gitu juga *amit-amit

Pas hari ke empat mogok nenen, total 6 jam dia ga dapat asupan apa-apa. Langsung gw WA dokter spesialis anak Raima, alhamdulillah langsung dia bales karena dia lagi cuti *laaahh…
Di WA gw cerita Raima yang ga nyusu selama 6 jam karena batpil, takut dehidrasi. Apa perlu diinhalasi? Gw tanya dokternya. Kata dokter Yovita, bawa aja ke RS dan ketemu dokter Tatang (SpA juga) karena dokter Yovita cuti.
Untungnya suami lagi dinas di Puncak dan gw minta nanti sore temenin ke RS (lagi)

Ketemu dokter Tatang setelah nunggu 1.5 jam kedatangan dia. Untung dapat nomor antrian awal, langsung lah di periksa si duo RNS. Akhirnya disuruh fisioterapi dan diatermi karena batuknya lumayan berat dan lendir nya banyak. Jam 18 fisioterapi udah tutup dan gw baru mau kesana jam 18.45. Gw minta banget sama petugasnya supaya bisa nanganin 2 bocah ini supaya nanti malem mereka bobonya enak (termasuk gw yang sangat amat butuh tidur karena 3 hari 3 malam ga tidur). Alhamdulillah petugasnya nyanggupin. Emang deh pelayanan di RSPI 4 jempol.

Setelah difisioterapi, Raisa ngeluarin lendir banyaaakk banget. Sedangkan Raima, langsung mau nenen! Ya Allah Alhamdulillaahh…. Semua ketakutan gw pergi semua. Di perjalanan mau pulang ke rumah sampe mau nangis karena Raima mau nenen lagi dengan kondisi melek.

2 hari kemudian, tepar lah bundanya setelah seminggu ngurus 2 bocah sakit sendirian. Demam 39 derajat. Minum paracetamol bukannya turun panasnya malah naik jadi 39,6! Mau ke RS tapi kudu boyongan bawa bocah-bocah, mana udah malam, kan kasian. Nasib emak-emak ketempelan bocah. Mana Raima minta nenen terus. Nah kalau kondisi kayak gini, yang patut gw salahin ya SUAMI. Dari awal dia ngelarang keras Raima diselingin pakai dot nyusunya. Nah kejadian, pas gw sakit, ga bisa istirahat total karena harus nyusuin.
Akhirnya nekat minum paracetamol lagi. Pikiran udah jelek kalau misal kena typus lagi. Kan ga lucuuu baru 3 bulan yang lalu kena typus, masa’ sekarang typus lagi?
Alhamdulillah 2 jam kemudian panas gw turun, udah keluar keringet. Tinggal lemesnya aja. Kalau udah gini, nyerah gw. Panggil ibu peri (mama gw) buat bantuin urus cucu-cucunya sementara gw banyakin istirahat dulu.

Setelah anak-anak sehat, gw sehat, sekarang yang bermasalah adalah ASI gw dikit!!! Ya Allah….syok ga sih??? Dari yg ngedonorin asi beratus-ratus kantong, yang PD bengkak tiap saat, yang kalau mompa dapat ratusan ml, sekarang PD kempes!!!
Oh my God,,, bener-bener perjuangan banget di bulan ke 5 ini.
Saatnya booster-booster asi dipakai. Saatnya stok asip diminum Raima (tetep pe er karena pakai pipet, eerrrr). Sayur-sayuran pahit dimakan. Porsi makanan ditambah. Alhamdulillah dalam seminggu asi gw kembali seperti semula.

Ada hikmah dibaik setiap ujian, surprise from Raima,,,, dia udah bisa duduk tegak imagedi 5m25d! Cepet banget perkembangannya. Abis sakit jadi tambah pinter ya nak.

Raima 6 bulan

image

Alhamdulillah lulus ASIX S1 yeaayy…. Walau beberapa hari sebelumnya ASI sempet tiris bangeett… Pengen mpasi lebih awal tapi nanggung. Pas 6 bulan Raima makaann. Gimana mpasi Raima? Ada di postingan selanjutnya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *